Tokoh Astronomi Wanita Muslim, Mariam Al-Astrulabi

tokoh-astronomi-wanita-muslim,-mariam-al-astrulabi
Tokoh Astronomi Wanita Muslim, Mariam Al-Astrulabi

Mubadalah.id – Bagaimana menemukan cara untuk mengukur jarak antar bintang pada zaman dahulu, sebelum ada alat yang secanggih sekarang. Mariam Al-Astrulabi adalah salah satu tokoh Astronomi wanita muslim yang menemukan alat umumnya sebagai astrolabe.

Penentu Ibadah

Bagi umat Islam, penentu ibadah sangat tergantung pada fenomena alam. Antaranya adalah Matahari dan juga Bulan. Bisa kita gunakan dalam penentu ibadah sehari-hari atau bulanan. Waktu salat dan hilal serta arah kiblat. Oleh karena itu Islam merupakan agama yang memiliki perhitungan dari segi astronomis yang berguna dalam penentuan ibadah.

Tokoh Astronomi Muslim

Dari Al Battuni, Al Kharawizmi dan Thabit Ibn Qurra, hingga Ali Al Qushji, Ulugh Bey dan Al Biruni, tidak hanya laki-laki tetapi juga perempuan, khususnya Maryam Al Ijlya juga dikenal sebagai Mariam Al Astrulabi telah selamanya mengubah wajah astronomi dengan seorang pionir astrolabe.

Wanita Muslim juga berkontribusi dalam melacak posisi matahari, bulan, bintang dan planet, membantu menemukan kiblat dan memastikan waktu salat dan tanggal Ramadan. Mariam  sebagai salah satu dari 200 astronom paling terkenal dalam sejarah.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
1
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tokoh Astronomi Wanita Muslim, Mariam Al-Astrulabi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us