10 Spot Diving Terbaik di Indonesia yang Telah Mendunia, Sajikan Keindahan Surga Bawah Laut!

10-spot-diving-terbaik-di-indonesia-yang-telah-mendunia,-sajikan-keindahan-surga-bawah-laut!

Beberapa spot diving terbaik di Indonesia yang telah mendunia/ Foto: Unsplash.com/NEOM

Berbicara soal kekayaan dan keindahan alam Indonesia memang tak ada habisnya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikelilingi banyak pulau-pulau yang menyajikan keindahan panorama alam bawah laut bak surga tersembunyi.

Ada banyak spot diving dan snorkeling yang populer di Indonesia. Keindahannya pun telah diakui di dunia, bahkan disebut sebagai salah satu surga diving bagi para penyelam mancanegara.

Melansir dari laman, CNN Indonesia, berikut rekomendasi spot diving terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Apa saja? Check this out!

1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi/ Foto: Christina Gloor

Wakatobi di Sulawesi Tenggara merupakan salah satu spot diving terbaik dan dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di Indonesia. Keindahan terumbu karang di Wakatobi menempati peringkat kedua terbaik di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia.

Menyelam ke bawah laut Wakatobi, terdapat sekitar 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang yang sangat cantik. Tak hanya itu, Wakatobi juga menjadi salah satu habitat dari lumba-lumba, paus, hingga penyu.

Tentunya itu semua menambah kekayaan biota laut yang luar biasa dan bisa kamu lihat secara langsung di tempat ini.

2. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat/ Foto: Unsplash.com/Kris-Mikael Krister

Panorama keindahan alam bawah laut Raja Ampat memang tak perlu diragukan lagi. Terumbu karangnya yang memukau menjadi rumah bagi 75% spesies biota laut yang ada di seluruh dunia.

Tak hanya itu, ada lebih dari 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska, hingga 537 jenis terumbu karang yang cantik, hidup di dalam laut Raja Ampat. So, nggak heran kalau Raja Ampat dianggap sebagai destinasi bawah laut favorit dan impian bagi banyak wisatawan mancanegara. 

3. Pulau Weh, Aceh

Batee Tokong/ Foto: Flickr.com/Ludovic Galko

Berkunjung ke Pulau Weh di Aceh, tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam menakjubkan, salah satunya terdapat spot-spot diving dengan pesona yang memukau.

Spot diving terbaik di Pulau Weh terdapat di Batee Tokong yang terkenal sebagai habitat bagi berbagai macam hiu. Selain itu, ada juga Antee Peunateung yang menyimpan ribuan makhluk bawah laut yang indah dan rumah bagi banyak terumbu karang.

Menyelam di tempat ini, siap-siap dimanjakan dengan banyaknya populasi hewan laut yang jarang ditemui di tempat lain.

4. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Pulau Bunaken/ Foto: Flickr.com/Ilse Reijs and Jan-Noud Hutten

Sejak dahulu, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara memang terkenal akan pesona bawah lautnya yang mengagumkan. Berkat keindahannya itu, tempat ini dianggap sebagai salah satu surga diving paling populer di Indonesia.

Taman Laut Bunaken memiliki ekosistem bawah laut yang paling beragam di dunia. Tempat ini bahkan menjadi rumah bagi sekitar 390 spesies terumbu karang, 90 jenis ikan, dan berbagai makhluk laut lainnya.

Hal itulah yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang ideal untuk para penyelam menikmati keindahan alam bawah laut.

5. Banda Neira, Maluku

Banda Neira/ Foot: Flickr.com/Randi Ang

Berlibur ke Kepuluan Banda, jangan lupa untuk mampir ke Banda Neira yangg menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Saking indahnya tempat ini, Banda Neira bahkan sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Salah satu spot diving terbaik di Banda Neira adalah Pulau Sjahrir. Lokasinya berada sekitar 30 menit dari Banda Neira. Pulau ini memiliki spot snorkeling dan diving yang indah. Dari kedalaman laut, Beauties bisa melihat pemandangan berbagai jenis ikan, eels, gobies, moray, dan juga terumbu karang yang cantik.

Tak hanya itu, Beauties juga bisa mengunjungi pulau-pulau lainnya di sekitar Banda Neira yang memiliki pemandangan tak kalah indah seperti Pulau Hatta, Pulau Run, Pulau Nailaka, ataupun Pulau Suanggi.

6. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan/ Foto: Unsplash.com/Uber Scuba Gili

Laut selalu menyimpan keunikan dan keindahan di dalamnya, begitu pun yang ada di bawah laut Gili Trawangan. Terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pulau di Lombok ini menawarkan sensasi diving dengan beragam keindahan panorama bawah lautnya.

Di sini, Beauties bisa menikmati snorkeling dan diving di air laut yang sangat jernih sambil melihat keindahan taman bawah laut, terumbu karang, dan berbagai jenis ikan yang cantik.

Selain itu, Beauties juga bisa menyewa boat untuk berkunjung ke Pulau Gili lainnya seperti Gili Meno, Gili Air, Gili Kedis, dan Gili Kondo yang juga memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah memesona.

7. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo/ Foto: Unsplash.com/Chad Taylor

Pemandangan bawah laut Pulau Komodo memang terkenal akan keindahannya yang menakjubkan. Terletak di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, Taman Nasional Komodo bahkan dianggap sebagai salah satu surga bawah laut terkaya yang telah diakui dunia.

Menyelam di Pulau Komodo, Beauties akan melihat keindahan terumbu karang dan berbagai spesies ikan-ikan cantik dan langka. Selain itu, Beauties juga bisa berinteraksi dengan ikan pari manta, hiu dan dugong, karena perairan Pulau Komodo merupakan salah satu habitat mereka.

8. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Kakaban/ Foto: Flickr.com/Randi Ang

Kepulauan Derawan merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia, yang terletak dekat dengan calon ibu kota negara baru, yakni Nusantara, di Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan memiliki 31 pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang luar bisa indahnya. Hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan panorama bawah laut yang memukau tersaji di pulau ini.

Salah satu spot diving dan snorkeling terbaik di tempat ini, berada di Pulau Kakaban. Di sana, Beauties bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur tanpa takut tersengat.

9. Tulamben, Bali

Tulamben/ Foto: Flickr.com/Randi Ang

Bali memang dikenal sebagai surganya pantai dengan pemandangan alamnya yang spektakuler. Salah satunya, Pantai Tulamben di Bali yang kerap menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki spot diving terindah.

Keindahan pemandangan bawah laut di sini terjaga dengan sangat baik. Beauties bisa melihat beragam biota laut dan terumbu karang yang sangat menawan.

Selain itu, saat menyelam lebih dalam, wisatawan dapat melihat bangkai kapal USS Liberty yang karam. Tentunya bakal menambah pengalaman luar biasa saat diving, ya, Beauties.

10. Morotai, Maluku

Morotai/ Foto: Flickr.com/Temy Loing

Terletak di Maluku, pemandangan bawah laut Morotai menjadi salah satu favorit wisatawan asing untuk diving. Bagaimana tidak? Menyelam ke bawah laut Morotai, Beauties bisa melihat dari dekat sisa-sisa sejarah Perang Dunia II berupa kapal-kapal perang yang karam dan juga pesawat perang yang tenggelam.

Tak hanya itu, para wisatawan juga bisa memiliki kesempatan berenang bersama hiu sirip hitam. Meskipun harus melakukan upaya ekstra dengan menyelam sampai kedalaman sekitar 21 meter. Tapi, it’s worth the effort, kok, karena pemandangannya sangat indah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
10 Spot Diving Terbaik di Indonesia yang Telah Mendunia, Sajikan Keindahan Surga Bawah Laut!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us